Langsung ke konten utama

SSO(Single Sign On) Web dengan CAS(Central Authentication Service) Jasig

Apa Itu SSO?

SSO atau kepanjangan dari Single Sign On, meupakan sebuah teknologi yang mengijikan pengguna untuk mengakses sumberdaya jaringan yang ada hanya dengan menggunakan 1 akun saja.

Sumberdaya ini salah satunya berupa aplikasi, baik itu aplikasi berabasis web ataupun non web.

Implementasi yang bisa di temukan dilapangan salah satunya adalah SSO milik google. Saat kita sudah memiliki 1 akun google dan kita sudah bisa login ke gmail, maka kita tidak perlu lagi harus buat akun baru untuk mengakses product google yang lain.
 

Apa itu CAS?

CAS atau kepanjangan dari Central Authentication Service. Sebuah layanan untuk implementasi SSO. Product CAS dari vendor Jasig ini memang gampang digunakan untuk implementasi SSO untuk aplikasi berbasis web. 

CAS sendiri dikembangkan dengan teknologi Java EE, sehingga untuk implementasinya harus menggunakan apache tomcat sebagai webserver nya. Selain itu, persyaratan lain penggunaan CAS, akses harus menggunakan SSL.

Selain berbasis java, aplikasi CAS ini juga sifat nya opensource. Sehingga kita bisa mendapatkan source code aslinya guna pengembangan lebih lanjut.

Aplikasi Pengguna CAS.

CAS sudah di gunakan beberapa aplikasi open source yang ada di inernet. Diantaranya adalah:
  1. Moodle
  2. TikiWiki
  3. Joomla
  4. Wordpress 
  5. Php GroupWare
  6. PHP BB3
  7. Zimbra
  8. ZPanel
  9. Google apps
  10. Dan masih banyak lagi

Official CAS Client

CAS sendiri sudah menyediakan library khusus untuk beberapa platform diataranya yang official adalah:
  1. CAS Client for Java 3.1 - platform java
  2. phpCAS - platform php
  3. mod_auth_cas - platform apache
  4. .Net Cas Client - platform .net

Authentication yang di support

CAS mensupport beberapa authentication model. Diantaranya adalah:
  1.  LDAP 
  2. Database
  3. X.509
  4. 2-factor

Support Protocol

Selain banyak model yang di support dan banyak platform, CAS juga mensupport banyak protokol. Diantaranya:
  1. CAS
  2. SAML
  3. OAuth
  4. OpenID
So, jika ingin mengembangkan aplikasi berbasis web dan akan mengimplementasikan teknologi SSO. Ga usah pusing-pusing, tinggal gunakan CAS product dari jasig. Karena banyak fitur yang sudah di support oleh product ini.

Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Fungsi lain tombol penerima panggilan di headset

Kegunaan tombol yang berada di headset utamanya adalah untuk menerima panggilan dan pause panggilan. Dan headset itu sendiri, kadang juga digunakan untuk mendengarkan music, digunakan bersama saat main game, supaya suara yang dikeluarkan oleh gadget tidak terlalu keras sehingga mengurangi beban gadget. Dengan mengurangi beban gadget, ada beberapa yang beranggapan kalau itu akan menghemat batere.

Cara Testing API / Web Untuk mampu menerima Hit 10K / 15 detik Secara Free

10K hit / 15 detik? Yakin kuat? Pernah di tanya seperti itu kah? seberapa kuat API dan arsitektur web yang anda buat untuk menangani hit customer secara bersamaan? Pernah berfikir mampu ga arsitektur dan web anda melayani ratusan customer dalam satu waktu dan kapan harus upgrade arsitektur anda?

Bingung cari celah kemanan? pake google dork saja.

Google Dork adalah istilah yang merujuk pada teknik pencarian spesifik pada mesin pencari Google dengan menggunakan kata kunci atau sintaks tertentu. Teknik ini biasanya digunakan oleh para hacker atau peneliti keamanan untuk menemukan informasi sensitif dan rentan pada website tertentu.