Langsung ke konten utama

Subsistem Windows untuk Android: Apa, Bagaimana, dan Mengapa?


Subsistem Windows untuk Android

Subsistem Windows untuk Android (WSA) adalah teknologi baru yang memungkinkan perangkat Windows 11 menjalankan aplikasi Android yang tersedia di Amazon Appstore¹. Android adalah merek dagang dari Google LLC. WSA adalah komponen yang menggerakkan Amazon Appstore dan seluruh katalognya yang tersedia di Windows 11.

Cara Mengaktifkan WSA

Untuk mengaktifkan WSA, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:

  • Perangkat Anda harus menjalankan Windows 11 dengan versi terbaru.
  • Perangkat Anda harus memenuhi persyaratan minimum berikut:
    • Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan 2 atau lebih inti pada prosesor yang kompatibel 64-bit (x64) atau System on a Chip (SoC)
    • RAM: 4 gigabyte (GB) atau lebih
    • Penyimpanan: 64 GB atau lebih tersedia
    • Sistem firmware: UEFI, kompatibel dengan Mode Aman
    • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
    • Kartu grafis: Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih terbaru dengan driver WDDM 2.0
    • Tampilan: Monitor resolusi tinggi (720p) yang lebih besar dari 9 inci secara diagonal, 8 bit per saluran warna
    • Koneksi internet: Koneksi internet dan akun Microsoft (akun cloud) untuk pengaturan Windows 11 Home edition.

Jika persyaratan tersebut sudah terpenuhi, Anda dapat mengaktifkan WSA dengan salah satu cara berikut:

  • Menginstal Amazon Appstore dari Microsoft Store. Memilih Get akan memulai penginstalan aplikasi.
  • Menginstal aplikasi Android dari Microsoft Store untuk pertama kalinya, yang juga akan menginstal Amazon Appstore.

Setelah Amazon Appstore terinstal, Anda dapat membuka aplikasi tersebut dari menu Mulai atau pencarian, dan menjelajahi katalog aplikasi Android yang tersedia. Anda juga dapat mengubah pengaturan WSA dengan membuka aplikasi Pengaturan Subsistem Windows untuk Android dari menu Mulai atau pencarian.

Kelebihan dan Kekurangan WSA

WSA memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan

  • Anda dapat menjalankan aplikasi Android favorit Anda di perangkat Windows 11 dengan mudah dan cepat.
  • Anda dapat menikmati pengalaman Android yang mulus dan terintegrasi dengan Windows 11, seperti mengubah ukuran jendela, menggunakan input keyboard dan mouse, dan mengakses fitur Windows seperti clipboard, file, dan printer.
  • Anda dapat menguji dan men-debug aplikasi Android Anda di lingkungan desktop Windows dengan alat pengembangan yang tersedia.
  • Anda dapat memanfaatkan potensi pasar yang lebih besar dengan menargetkan perangkat desktop Windows melalui Amazon Appstore.

Kekurangan

  • WSA masih dalam tahap pengembangan dan mungkin memiliki beberapa bug atau masalah kinerja.
  • WSA hanya tersedia di wilayah tertentu dan memerlukan koneksi internet untuk mengunduh dan memperbarui aplikasi Android.
  • WSA bergantung pada Amazon Appstore sebagai sumber aplikasi Android, yang mungkin tidak memiliki semua aplikasi yang Anda inginkan atau terbaru.
  • WSA mungkin tidak mendukung semua fitur atau layanan Android, seperti Google Play Services, notifikasi, atau sensor.

Kesimpulan

WSA adalah teknologi yang menarik dan inovatif yang membawa aplikasi Android ke perangkat Windows 11. WSA memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya. WSA masih dalam pengembangan dan mungkin akan terus ditingkatkan dan diperluas di masa depan. Jika Anda tertarik untuk mencoba WSA, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengaktifkannya dan menjelajahi katalog aplikasi Android di Amazon Appstore.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Understanding Undefined Index in php and how to fix in the right way

Undefined index is a common error message that developers encounter when working with PHP. It occurs when trying to access an array or object property that does not exist or has not been initialized. This can happen due to various reasons such as incorrect spelling of the array or object key, missing or incomplete form submissions, incorrect configuration of servers, among others. In this article, we will delve deeper into undefined index errors and how to handle them in PHP.

Fungsi lain tombol penerima panggilan di headset

Kegunaan tombol yang berada di headset utamanya adalah untuk menerima panggilan dan pause panggilan. Dan headset itu sendiri, kadang juga digunakan untuk mendengarkan music, digunakan bersama saat main game, supaya suara yang dikeluarkan oleh gadget tidak terlalu keras sehingga mengurangi beban gadget. Dengan mengurangi beban gadget, ada beberapa yang beranggapan kalau itu akan menghemat batere.

Review 10 USB Docking Station Terbaik dan Terpopuler di 2023

Apa itu USB Docking Station USB docking station adalah perangkat yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop Anda dengan berbagai periferal, seperti monitor, keyboard, mouse, printer, hard drive, dan lainnya. Dengan menggunakan docking station, Anda dapat meningkatkan produktivitas, kenyamanan, dan fleksibilitas kerja Anda. Docking station juga dapat mengisi daya laptop Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai. 10 Usb docking station yang paling populer di tahun 2023 Corsair TBT100 Thunderbolt 3 Dock :  Docking station ini mendukung hingga dua monitor 4K atau satu monitor 5K dengan port Thunderbolt 3. Docking station ini juga memiliki port USB-C, USB-A, Ethernet, audio, dan SD card reader. Docking station ini dapat mengisi daya laptop Anda hingga 85 watt. EYD 9IN1 USB C HUB To HDMI Docking Station PD TVGA 3.5mm type C Hub :    Produk ini memiliki 9 port yang meliputi HDMI, VGA, USB-C PD, USB-A 3.0, USB-A 2.0, Ethernet, audio, dan microSD card reader. Produ