Langsung ke konten utama

Panduan Lengkap untuk Pemula dalam Memahami dan Menggunakan Perintah Update pada MySQL


MySQL adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional yang sangat populer digunakan dalam aplikasi web dan bisnis. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam MySQL adalah perintah UPDATE yang digunakan untuk memperbarui data dalam tabel.

Dalam melakukan perintah UPDATE pada tabel provinces dengan kolom id, name, created_by, updated_by, owned_by, created_at, dan updated_at, kita harus menentukan kolom mana yang ingin diupdate, nilai baru untuk setiap kolom yang diupdate, dan kriteria untuk memilih baris yang ingin diupdate.

Berikut ini adalah contoh sintaks perintah UPDATE di MySQL untuk tabel provinces:

UPDATE provinces
SET name = 'Jawa Barat', updated_by = 'admin', updated_at = NOW()
WHERE id = 1;

Penjelasan sintaks di atas:

UPDATE provinces: perintah untuk mengupdate tabel provinces.

SET name = 'Jawa Barat', updated_by = 'admin', updated_at = NOW(): perintah untuk mengupdate kolom name dengan nilai Jawa Barat, mengupdate kolom updated_by dengan nilai admin, dan mengupdate kolom updated_at dengan nilai waktu saat ini.

WHERE id = 1: kriteria untuk memilih baris dengan id sama dengan 1.

Contoh lainnya dari perintah UPDATE pada tabel provinces:

Contoh 1: Mengupdate satu kolom

UPDATE provinces
SET name = 'Jawa Tengah'
WHERE id = 2;

Perintah di atas akan mengupdate kolom name pada baris dengan id sama dengan 2 menjadi Jawa Tengah.

Contoh 2: Mengupdate beberapa kolom

UPDATE provinces
SET name = 'Jawa Timur', owned_by = 2, updated_by = 'admin', updated_at = NOW()
WHERE id = 3;

Perintah di atas akan mengupdate kolom name pada baris dengan id sama dengan 3 menjadi Jawa Timur, mengupdate kolom owned_by menjadi 2, mengupdate kolom updated_by menjadi admin, dan mengupdate kolom updated_at dengan waktu saat ini.

Contoh 3: Mengupdate menggunakan subquery    

UPDATE provinces
SET owned_by = (SELECT id FROM users WHERE username = 'user1'),
    updated_by = 'user1', updated_at = NOW()
WHERE id = 4;

Perintah di atas akan mengupdate kolom owned_by pada baris dengan id sama dengan 4 menjadi id dari user dengan username sama dengan user1 pada tabel users, mengupdate kolom updated_by menjadi user1, dan mengupdate kolom updated_at dengan waktu saat ini.

Dalam melakukan perintah UPDATE di MySQL, pastikan untuk memperhatikan kriteria yang sesuai dengan data yang ingin diupdate, serta memastikan performa query agar tidak terjadi penurunan kinerja sistem. Selain itu, pastikan juga bahwa perubahan data yang dilakukan tidak merusak integritas referensial data dalam tabel

Summary:

Artikel tersebut membahas perintah UPDATE pada MySQL dengan menggunakan tabel provinces yang memiliki kolom id, name, created_by, updated_by, owned_by, created_at, dan updated_at. Dalam melakukan perintah UPDATE, kita harus menentukan kolom mana yang ingin diupdate, nilai baru untuk setiap kolom yang diupdate, dan kriteria untuk memilih baris yang ingin diupdate. Contoh sintaks dan contoh penggunaan perintah UPDATE pada tabel provinces telah diberikan sebagai acuan dalam melakukan perintah UPDATE pada MySQL. Dalam menggunakan perintah UPDATE, penting untuk memperhatikan kriteria yang sesuai dengan data yang ingin diupdate dan memastikan performa query agar tidak terjadi penurunan kinerja sistem.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Understanding Undefined Index in php and how to fix in the right way

Undefined index is a common error message that developers encounter when working with PHP. It occurs when trying to access an array or object property that does not exist or has not been initialized. This can happen due to various reasons such as incorrect spelling of the array or object key, missing or incomplete form submissions, incorrect configuration of servers, among others. In this article, we will delve deeper into undefined index errors and how to handle them in PHP.

Fungsi lain tombol penerima panggilan di headset

Kegunaan tombol yang berada di headset utamanya adalah untuk menerima panggilan dan pause panggilan. Dan headset itu sendiri, kadang juga digunakan untuk mendengarkan music, digunakan bersama saat main game, supaya suara yang dikeluarkan oleh gadget tidak terlalu keras sehingga mengurangi beban gadget. Dengan mengurangi beban gadget, ada beberapa yang beranggapan kalau itu akan menghemat batere.

Review 10 USB Docking Station Terbaik dan Terpopuler di 2023

Apa itu USB Docking Station USB docking station adalah perangkat yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop Anda dengan berbagai periferal, seperti monitor, keyboard, mouse, printer, hard drive, dan lainnya. Dengan menggunakan docking station, Anda dapat meningkatkan produktivitas, kenyamanan, dan fleksibilitas kerja Anda. Docking station juga dapat mengisi daya laptop Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai. 10 Usb docking station yang paling populer di tahun 2023 Corsair TBT100 Thunderbolt 3 Dock :  Docking station ini mendukung hingga dua monitor 4K atau satu monitor 5K dengan port Thunderbolt 3. Docking station ini juga memiliki port USB-C, USB-A, Ethernet, audio, dan SD card reader. Docking station ini dapat mengisi daya laptop Anda hingga 85 watt. EYD 9IN1 USB C HUB To HDMI Docking Station PD TVGA 3.5mm type C Hub :    Produk ini memiliki 9 port yang meliputi HDMI, VGA, USB-C PD, USB-A 3.0, USB-A 2.0, Ethernet, audio, dan microSD card reader. Produ