Langsung ke konten utama

Jangan Asal Klik! File APK PPS Pemilu 2024 di WhatsApp Itu Modus Penipuan


Kita harus bisa ati-ati sama file APK (Application Package File) yang katanya undangan PPS Pemilu 2024. File itu dikirim lewat WhatsApp (WA). Modus penipuan ini udah diungkap sama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Instagramnya, nih.

File APK Palsu Bisa Kuras Rekening

“Sobat OJK, modus penipuan tiada habisnya. Kali ini marak beredar modus penipuan baru berkedok kiriman file mirip file APK undangan,” tulis OJK di akun Instagram resmi @ojkindonesia. Mereka bilang, penipuan itu bisa bikin rekening korban abis karena datanya dicuri. “Pelaku mengirimkan file APK palsu yang sebenarnya berisi aplikasi berbahaya yang jika diunduh kemudian diinstal bisa mengambil data pribadi dan menguras rekening korban,” jelas OJK. Mereka juga ngasih tau biar kita nggak buka file atau link yang dikirim dari orang nggak dikenal di platform apapun. Soalnya, beberapa waktu lalu udah ada undangan di WhatsApp (WA) yang ada tulisannya “PPS Pemilu 2024” File itu disebar buat ngebohongin masyarakat soal Pemilu 2024 yang bakal digelar bareng-bareng pada 14 Februari 2024.

Cara Hindari Penipuan File APK

Nah, biar kita nggak jadi korban penipuan file APK, kita bisa pake beberapa cara berikut ini:

  • Jangan asal klik link atau download file APK. Kalo kita dapet pesan berisi file APK dari nomor nggak dikenal, misalnya berupa undangan pernikahan digital, tagihan, resi pengiriman, dan sebagainya, lewat aplikasi pesan singkat, jangan langsung buka atau unduh file itu. Kalo kita udah keburu klik atau download file APK ilegal, segera balikin HP kita ke setelan pabrik (reset factory). Ubah semua data di semua akun aplikasi yang nyimpen data pribadi, kayak nomor HP, e-mail, password, dan PIN, di aplikasi perbankan dan yang berhubungan sama transaksi digital lainnya.
  • Konfirmasi ulang dan laporkan informasi mencurigakan. Kalo kita dapet pesan mencurigakan atau file APK dari orang yang ngaku-ngaku sebagai kerabat dekat atau instansi lain, kita harus konfirmasi ulang, lewat jalur terpercaya atau resmi. Tokopedia misalnya, selalu ngasih info tentang promo, undian, dan info lainnya lewat kanal resmi, kayak situs web www.tokopedia.com, blog www.tokopedia.com/blog, media sosial yang terverifikasi, sama e-mail dengan domain @tokopedia.com.
  • Aktifkan fitur keamanan dan rutin ganti password. Kita juga bisa pake fitur keamanan yang ada di aplikasi-aplikasi yang kita pake, kayak verifikasi dua langkah, notifikasi login, atau PIN. Fitur-fitur ini bisa bantu kita deteksi dan cegah aktivitas mencurigakan di akun kita. Selain itu, kita juga harus rutin ganti password atau PIN kita, dan jangan pernah bagi password atau PIN kita sama siapa pun.
  • Hindari bertransaksi di luar platform resmi. Kalo kita mau beli atau jual barang online, kita harus pake platform resmi yang udah terpercaya, kayak Tokopedia. Jangan pernah tergiur sama tawaran yang terlalu murah atau menggiurkan di luar platform resmi, kayak lewat chat pribadi atau media sosial. Kalo kita bertransaksi di luar platform resmi, kita nggak bisa dapet perlindungan dari platform tersebut, dan kita bisa jadi korban penipuan atau pencurian data.
  • Jangan bagi data pribadi di media sosial. Kita juga harus hati-hati sama data pribadi kita di media sosial, kayak nomor HP, e-mail, alamat, atau data lainnya. Jangan pernah bagi data pribadi kita di media sosial, apalagi di tempat yang bisa diliat sama orang banyak, kayak komentar atau postingan publik. Kalo kita bagi data pribadi kita di media sosial, kita bisa jadi sasaran penipuan atau pencurian identitas.

Nah, itu dia cara-cara buat hindari penipuan file APK yang sedang viral. Kita harus selalu waspada dan cerdas dalam menggunakan teknologi, biar kita nggak jadi korban penipuan online. Kalo kita dapet pesan atau file mencurigakan, kita harus segera laporkan ke pihak yang berwenang, biar pelakunya bisa ditangkap.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu ya. Jangan lupa follow, like, dan share artikel ini. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. Bye!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Understanding Undefined Index in php and how to fix in the right way

Undefined index is a common error message that developers encounter when working with PHP. It occurs when trying to access an array or object property that does not exist or has not been initialized. This can happen due to various reasons such as incorrect spelling of the array or object key, missing or incomplete form submissions, incorrect configuration of servers, among others. In this article, we will delve deeper into undefined index errors and how to handle them in PHP.

Fungsi lain tombol penerima panggilan di headset

Kegunaan tombol yang berada di headset utamanya adalah untuk menerima panggilan dan pause panggilan. Dan headset itu sendiri, kadang juga digunakan untuk mendengarkan music, digunakan bersama saat main game, supaya suara yang dikeluarkan oleh gadget tidak terlalu keras sehingga mengurangi beban gadget. Dengan mengurangi beban gadget, ada beberapa yang beranggapan kalau itu akan menghemat batere.

Review 10 USB Docking Station Terbaik dan Terpopuler di 2023

Apa itu USB Docking Station USB docking station adalah perangkat yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop Anda dengan berbagai periferal, seperti monitor, keyboard, mouse, printer, hard drive, dan lainnya. Dengan menggunakan docking station, Anda dapat meningkatkan produktivitas, kenyamanan, dan fleksibilitas kerja Anda. Docking station juga dapat mengisi daya laptop Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai. 10 Usb docking station yang paling populer di tahun 2023 Corsair TBT100 Thunderbolt 3 Dock :  Docking station ini mendukung hingga dua monitor 4K atau satu monitor 5K dengan port Thunderbolt 3. Docking station ini juga memiliki port USB-C, USB-A, Ethernet, audio, dan SD card reader. Docking station ini dapat mengisi daya laptop Anda hingga 85 watt. EYD 9IN1 USB C HUB To HDMI Docking Station PD TVGA 3.5mm type C Hub :    Produk ini memiliki 9 port yang meliputi HDMI, VGA, USB-C PD, USB-A 3.0, USB-A 2.0, Ethernet, audio, dan microSD card reader. Produ